Dalam bahasa Jawa, kata wayang berarti “bayangan”. Wayang menyajikan banyak nilai pendidikan sebagai tuntunan hidup. Semoga "The Wayang" dapat memberi inspirasi yang positif.

Download

Follow us on Twitter Subscribe to RSS Subscribe via Email

Selasa, 21 Januari 2014

Unknown  /  23.58  /    /  No comments
Setiap bangsa yang ada di dunia ini pastilah mempunyai kebudayaan, bahkan bangsa yang paling primitive pun mempunyai sebuah kebudayaan. begitupun bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa menyebabkan Bangsa Indonesia memliki kebuyaan yang beragam. Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar (Koentjaraningrat, 1981:180).
          Keris merupakan salah satu wujud fisik kebuyaan yang dimiliki Bangsa Indonesia. Keris merupakan warisan kebudayaan dari leluhur kita yang tidak hanya memiliki nilai estetis namun juga memiliki nilai mistis atau bersifat sakral. Tidak sedikit keris yang disakralkan orang hal ini dikarenakan adanya rasa pengakuan bahwa keris adalah karya para ahli. Karena adanya pengakuan itu dan adanya kepercayaan yang mendalam maka timbulah anggapan bahwa keris memiliki keampuhan dan kegunaan menurut anggapannya masing-masing. Hal ini wajar mengingat para Mpu atau orang-orang yang mempunyai keahlian dalam pembuatan keris adalah mahluk yang tertinggi derajatnya dari pada manusia yang lain.
          Selain itu jika kita lihat dalam kehidupan sehari hari umat Hindu di bali sering menggunakan keris sebagai pelengkap banten (sajen) dalam upacara panca yadnya yakni: dewa yadnya, rsi yadnya, manusia yadnya, pitra yadnya, dan bhuta yadnya. Namun tidak banyak yang mengetahui makna dari adanya keris dalam pelaksanaan panca yadnya tersebut. Dan seiring perkembanagan jaman yang dibarengi dengan kemajuan tehnologi yang begitu pesat keris pun semakin dilupakan.
          Karena permasalahan tersebut penulis merasa perlu untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang keris yang merupakan warisan kebudayaan yang memiliki nilai estetis dan mistis yang tinggi. Dalam artikel ini penulis berharap dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi para pembaca tentang keris sehingga dapat membangkitkan minat dan kesadaran pembaca untuk mempelajari dan melestarikan keris sebagai warisan kebudayaan dari leluhur kita, dengan asumsi bahwa kita sebagi generasi penerus wajib melestarikan kebudayan yang telah diwariskan kepada kita, hal ini penting demi lestarinya kewibawaan leluhur kita.




0 komentar:

Posting Komentar

Search